loading...
Saturday , 25 November 2017
cara menjadi agen brilink

Cara Menjadi Agen BRILink dan Keuntungannya

Cara Menjadi Agen BRILink – Bagi yang ingin memulai bisnis online rumahan bisa mencoba menjadi agen BRILink.  Saat ini BRI memiliki pelayanan yang luas dimana bekerja sama dengan nasabah yang bersedia menjadi agen untuk melayani transaksi secara perbankan. Ketika melayani transaksi perbankan tersebut bisa menggunakan fitur berupa mini ATM BRI yang memiliki konsep sharing fee. Masyarakat pun beranggapan jika ingin menjadi agen BRILink membutuhkan modal yang banyak, padahal anggapan tersebut salah sebab tidak dibutuhkan modal yang banyak untuk menjadi agen ini.  Bagi yang tertarik bergabung, simak cara menjadi agen BRILink berikut ini :

Syarat Agen

Syarat menjadi agen BRILink ini terbagi menjadi dua yaitu syarat administrasi dan juga syarat personal.  Berikut ini adalah syarat agen yang harus dimiliki sebelum mengajukan menjadi agen BRILink :

Perseorangan atau Instansi Non Badan Hukum

Untuk menjadi agen ini bisa perseorangan atau instansi yang non berbadan hukum. Contoh instansi yang tidak berbadan hukum adalah yang tidak bisa melakukan perbuatan hukum di dalam hubungan hukum, sebab instansi tersebut tidak memiliki subjek hukum. Contoh instansi dengan badan hukum adalah Perseroan Terbatas/ PT, Perusahaan Umum atau Perum, Perusahaan Perseroan atau Persero, Prusda, Koperasi dan Yayasan. Sedangkan instansi yang bisa menjadi agen BRILink ini adalah Perusahaan Perseorangan, Persekutuan Perdata, Firma dan Persekutuan Komanditer atau CV.

Cara Menjadi Agen Brilink

cara menjadi agen brilink

Memiliki Usaha dengan Usia Minimal 2 Tahun

Syarat selanjutnya adalah meski yang mendaftar perseorangan, harus memiliki usaha dengan usia minimal 2 tahun. Begitu pula dengan yang lainnya seperti Firma, CV dan lain sebagainya usianya minimal 2 tahun.

Memiliki Rekening BRI

Cara menjadi Agen BRILink selanjutnya adalah harus memiliki nomor rekening BRI dan juga harus menyetorkan uang sebesar 3 juta rupiah yang akan di block di dalam rekening. Artinya di blok di sini adalah uang tersebut tidak bisa ditarik atau dicairkan sehingga akan tetap berada di rekening tersebut selama menjadi agen dari BRILink ini. Jika tidak memiliki rekening BRI, harus memiliki rekening pinjaman di Bank BRI. Keuntungannya adalah tidak harus menyetor uang jaminan sebesar 3 juta rupiah tersebut, dengan catatan kolektibilitasnya lancar selama 6 bulan terakhir.

Syarat Lainnya 

Syarat lainnya yang harus dipenuhi adalah memiliki surat keterangan usaha minimal dikeluarkan oleh perangkat desa dan yang terakhir adalah belum terdaftar menjadi agen bank yang memiliki layanan Laku Pandai. Laku Pandai adalah pelayanan khusus untuk transaksi bank yang bisa dilakukan oleh para agen. Oleh sebab itu Anda hanya bisa menjadi agen BRILink saja dan tidak bisa menjadi agen bank lainnya.

Syarat Administrasi

Syarat administrasi menjadi salah satu hal wajib yang harus ada dan menjadi bukti tertulis atau menjadi bukti hitam di atas putih jika Anda mengajukan diri menjadi agen BRILink tersebut. Berikut ini adalah syarat administrasi yang harus dipenuhi untuk mendaftar menjadi agen BRILink :

Identitas

Cara menjadi agen BRILink adalah melampirkan bukti identitas berupa fotokopi KTP pemilik usaha atau pengurus. Badan usaha non hukum harus disertai dengan melampirkan fotokopi NPWP.

Dokumen Legalitas Usaha

Baik perseorangan maupun instansi non badan hukum harus melampirkan legalitas usaha yang dimilikinya tersebut. Dokumen legalitas tersebut berguna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya. Berikut ini adalah dokumen legalitas usaha yang harus dilampirkan :

  • Fotokopi Surat Keterangan Usaha minimal dikeluarkan oleh RT atau RW khusus usaha perseorangan.
  • Fotokopi SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan, SITU atau Surat Izin Tempat Usaha dan yang terakhir adalah TDP atau Tanda Daftar Perusahaan. Syarat ini harus dilampirkan bagi instansi non badan hukum yang berminat untuk menjadi agen BRILink.

Fotokopi Rekening

Syarat administrasi yang dilampirkan selanjutnya adalah fotokopi bukti kepemilikan rekening BRI, bisa juga fotokopi buku tabungan BRI.

Mengisi Dokumen

Untuk bisa menjadi agen BRILink harus ada bukti tertulis hitam di atas putih, oleh sebab itu harus mengisi formulir bukti pengajuan diri untuk menjadi agen tersebut. Isilah formulir pengajuan dengan lengkap dan sesuai data yang dimiliki. Selain itu Anda harus memahami dan menandatangani perjanjian kerja sama BRILink. Jika ada poin dalam perjanjian yang kurang dipahami, segera tanyakan kepada petugas bank.

Mengumpulkan Dokumen

Setelah semua dokumen dirasa lengkap, Anda bisa menyerahkan dokumen tersebut ke bank BRI terdekat. Permohonan tidak langsung disetujui namun harus menunggu waktu sekitar 2 sampai dengan 3 minggu untuk menentukan diterima atau tidaknya permohonan tersebut.

Password

Jika pengajuan diterima, nantinya akan ada SMS berisi nomor agen, User ID dan juga password yang berguna untuk masuk ke sistem.  Catatlah User ID dan password tersebut ke buku catatan agar tidak terhapus. Masuklah ke Sistem Agen BRILink (https://agen.bri.co.id) untuk mencoba User ID dan password yang telah diberikan. Untuk melihat transaksi yang sudah dilakukan selama menjadi agen juga bisa dilihat melalui sistem tersebut. Bank akan meminjamkan mesin EDC yang mana berguna untuk membantu Anda dalam melakukan transaksi. Setelah  mendapatkan mesin ini, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Keuntungan

Keuntungan yang bisa didapatkan adalah sharing fee 50:50 dan juga fee tambahan dari nasabah yang bisa didapatkan ketika bertransaksi. Besarnya fee tambahan ini tidak boleh seenaknya, tujuannya agar nasabah tidak menjadi kabur karena harga yang setinggi langit. Untuk setor atau tarik tunai dari bank BRI bisa memberlakukan fee 5 ribu rupiah, sedangkan untuk setor ke bank lain fee yang bisa Anda berlakukan sebesar 15 ribu rupiah dan pembayaran token biaya adminnya sebesar 2,5 ribu rupiah.

Demikianlah cara menjadi agen BRILink dan keuntungannya, semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi yang sedang mencari bisnis online rumahan.

About enjoykuis

Hi! Panggil aja gue minjoy, paling suka kasih info kuis gratisan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *